Tips Membuka Usaha Sendiri





Memiliki usaha sendiri memang terdengar menggiurkan. Apalagi kalau Anda sekarang merupakan pegawai kantoran dengan gaji pas-pasan dan waktu Anda hanya habis di jalan saja. Namun jangan gegabah dalam membuka usaha sendiri. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya tidak gagal. Berikut adalah tips membuka usaha sendiri.

1.    Usahakan jenis usaha yang akan dijalankan adalah hobi Anda. Hal ini cukup penting karena jika Anda menjalankan apa yang memang menjadi hobi Anda, Anda dapat menggunakan kemampuan dan pengalaman yang pernah Anda miliki.
2.    Buat business plan. Untuk memperkirakan keuntungan dan kerugian yang akan terjadi, Anda tentu memerlukan business plan. Business plan yang berisi berapa banyak modal yang Anda butuhkan, apa yang diperlukan untuk kapan dan kemana tujuan Anda akan mempermudah Anda dalam mendapatkan suntikan dana dari investor.
3.    Modal yang cukup. Hal ini merupakan hal yang cukup krusial dalam bisnis. Karena bisnis Anda tentu tidak dapat berjalan tanpa modal. Anda dapat memperoleh modal dari hasil menabung, mencari suntikan dana dari investor, meminjam uang dari bank, hingga sistem partnership. Namun jika Anda memang benar-benar tidak memiliki modal, Anda dapat menjadi reseller.
4.    Buat badan hukum untuk usaha Anda. Jika Anda memang serius untuk bisnis Anda dalam jangka waktu yang panjang, hal ini patut Anda pertimbangkan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan struktur hukum untuk usaha Anda, mendaftarkan nama usaha Anda di HKI sebagai merk dagang yang resmi dan sah di mata hukum, menyiapkan dokumen-dokumen organisasi yang dibutuhkan dan mengurus surat-surat perijinan usaha.
5.    Perluas networking Anda. Supaya usaha Anda dapat terus berjalan, Anda dapat bergabung dengan komunitas yang jenis usahanya sama dengan Anda. Mungkin di sana Anda juga akan mendapatkan mentor yang cocok. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum usaha Anda berjalan, sehingga ketika usaha Anda nantinya sudah berjalan, Anda dapat memasarkan produk Anda pada networking yang telah Anda bangun. Anda juga bisa bertukar pikiran dengan orang-orang yang ada di komunitas tersebut, siapa tahu Anda menemukan partner bisnis yang potensial.

Komentar

Postingan Populer